Senin, 28 September 2015

Bacaan Doa Kaffaratul Majelis atau Doa Penutup Saat Bermajelis

Bermajelis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Rasulullah beserta sahabat-sahabatnya dalam rangka membicarakan urusan ilmu dan agama. Nah, diakhir mereka bermajelis selalu ditutup dengan doa yang biasa disebut doa kaffaratul majelis.


Dalam sebuah riwayat disebutkan, Abu Hurairah R.A berkata; bahwasanya Rasulullah saw bersabda yang artinya: "Barangsiapa yang berada pada suatu majlis, kemudian pada majlis tersebut tedapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majlis, mengatakan hal yang ini (Kaffaratul Majlis) , 'Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau,,aku memohon ampun pada-Mu.' Kecuali telah diampuni baginya apa yang ada pada majlis tersebut." (HR. Tirmidzi)

Adapun doa kaffaratul majelis adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

SUBHAANAKALLAAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADU AL-LAA ILAAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU ILAIKA

Artinya: "Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu." (HR. Tirmidzi)

Nah demikianlah doa kaffaratul majelis yang diajarkan oleh Rasulullah, silahkan baca dan hafalkan. Jika antum ingin melihat bacaan doa lainnya silahkan lihat dibawah ini.
- doa naik kendaraan
- doa untuk kedua orang tua
- doa keluar masjid
- doa untuk orang sakit
- doa bangun tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar